SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA ISLAM AL - AZHAR 3 JAKARTA
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XI / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya
& Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam
konteks kehidupan sehari-hari
|
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan
berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak
tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan
menyatakan tidak puas
|
• Responding to express-ions of
making, accepting and declining an invitation
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Melakukan
studi pustaka untuk mengidentifikasi berbagai ungkapan pendapat/rasa puas dan
tidak puas beserta responnya.
·
Mendengarkan
percakapan interpersonal/transaksional melalui tape secara klasikal
·
Mendiskusikan
tindak tutur yang digunakan dan responnya dalam percakapan yang didengar
secara berkelompok
|
·
Mengidentifikasi
kata yang didengar
·
Mengidentifikasi
makna kata
·
Mengidentifikasi
hubungan antar pembicara
·
Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyampaikan pendapat
·
Merespon
tindak tutur menyampaikan pendapat
·
Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan puas
·
Merespon
tindak tutur menyatakan puas
·
Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan tidak puas
·
Merespon
tindak tutur menyatakan tidak puas
·
Mengidentifikasi
konteks situasi
|
Tertulis
(PG dan
Uraian)
Quiz
Tugas
|
1 x 45
1 x 45
4 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan
berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak
tutu: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan
perasaan relief, pain, dan pleasure
|
• Responding to expres-sions of
making and cancelling an
Appointment
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Melakukan
studi pustaka untuk mengidentifikasi berbagai ungkapan menasehati
/memperingatkan/melulus
·
Mendengarkan
percakapan transaksional /interpersonal melalui tape secara klasikal
|
·
Mengidentifikasi
makna tindak tutur menasehati
·
Merespon
tindak tutur menasehati
·
Mengidentifikasi
makna tindak tutur memperingatkan
·
Merespon
tindak tutur memperingatkan
·
Mengidentifikasi
makna tindak tutur meluluskan
permintaan
·
Merespon
tindak tutur meluluskan permintaan
·
Mengidentifikasi
makna tindak tutur menyatakan perasaan
·
Merespon
tindak tutur menyatakan perasaan
|
Tertulis
(PG dan
Uraian)
Quiz
Tugas
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
||
2. Memahami makna teks fungsional
pendek dan monolog berbentuk reports,
narrative, dan analytical
exposition dalam konteks
kehidupan sehari-hari
|
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar
dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
|
· Responding to instruc-tions
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Mendengarkan
undangan rapat yang disampaikan secara lisan melalui tape secara klasikal.
·
Mendiskusikan
isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok
|
·
Mengidentifikasi
topik sebuah teks fungsional pendek yang didengar
·
Mengidentifikasi
informasi tertentu dari teks fungsional pendek yang didengar
·
Mengidentifikasi
tujuan komunikasi teks fungsional pendek yang didengar.
|
Tertulis
(PG dan
Uraian)
Quiz
Tugas
|
2 x45
2 x45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
2.2 Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
|
· Responding to instruc-tions
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Mendengarkan
sebuah cerita/laporan /exposisi secara klasikal.
·
Mendiskusikan
isi teks yang didengar secara berpasangan.
·
Mendiskusikan
bentuk bahasa lisan berdasarkan teks yang didengar secara kelompok.
|
·
Mengidentifikasi
main idea dari teks report yang didengar
·
Mengidentifikasi
tokoh dari cerita yang didengar
·
Mengidentifikasi
kejadian dalam teks yang didengar
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri dari benda/orang yang dilaporkan
·
Mengidentifikasi
kasus yang didengar
·
Mengidentifikasi
argumen yang didengar
|
Tertulis
(PG dan
Uraian)
Tugas
|
1 x 45
1 x 45
1 x 45
1 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
Berbicara
3. Mengungkapkan
makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan
berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
3.1 Mengungkap-kan makna dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal (bersosialisasi)
resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak
tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan
menyatakan tidak puas
|
· Using expressions of making, accepting
and declining an invitation
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
Bermain
peran secara
·
berkelompok
|
·
Menggunakan
tindak tutur menyampaikan pendapat
·
Merespon
tindak tutur menyampaikan pendapat
·
Menggunakan
tindak tutur meminta pendapat
·
Merespon
tindak tutur meminta pendapat
·
Menggunakan
tindak tutur menyatakan puas
·
Merespon
tindak tutur menyatakan puas
|
Tugas
Performans
|
6 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
3.2 Mengungkap-kan makna dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal (bersosialisasi)
resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:
menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief,
pain, dan pleasure
|
· Using
expressions of making and cancelling an appointment
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Mendiskusikan
tindak tutur yang digunakan dan responnya dalam percakapan yang didengar
secara berkelompok
|
·
Menggunakan
tindak tutur menasehati
·
Merespon
tindak tutur menasehati
·
Menggunakan
tindak tutur memperingatkan
·
Merespon
tindak tutur memperingatkan
·
Menggunakan
tindak tutur meluluskan permintaan
·
Merespon
tindak tutur meluluskan permintaan
·
Menggunakan
tindak tutur menyatakan perasaan.
·
Merespon
tindak tutur menyatakan perasaan
|
Tugas
Performans
|
4 x 45
4 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
4. Mengungkapkan makna dalam teks
fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan
analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
4.1 Mengungkap-kan makna dalam teks lisan fungsional pendek resmi dan tak resmi secara akurat, lancar
dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
|
· Performing a monologue of a procedure text
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Menyampaikan
undangan lisan secara individu di depan kelas
|
·
Menggunakan
bahasa lisan dalam menyampaikan teks fungsional pendek
|
Performans
|
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
4.2 Mengungkap-kan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
|
· Performing a monologue of a procedure text
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Melakukan
case building berdasarkan kelompok pro dan kontra.
·
Melakukan
debat secara berkelompok dengan tema permasalahan daerah setempat.
|
·
Menggunakan
kalimat simple present dalam menyampaikan report
· Melakukan monolog berbentuk narrative
· Melakukan monolog
berbentuk analytical exposition
·
Melakukan
debat
|
Unjuk kerja
|
4 x 45
4 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
Membaca
5. Memahami makna
teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan
analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk
mengakses ilmu pengetahuan
|
5.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.)
resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
· Identifying the structure of a
procedure text
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Membaca
nyaring bermakna teks berita/deskrip si/naratif secara individu
·
Mendiskusikan
berbagai aspek dari teks seperti isi, struktur teks, secara berkelompok.
·
Berlatih
menggunakan kalimat simple present untuk menyatakan fakta dan kalimat
pasif untuk menyatakan inti berita
|
·
Membaca
nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar
·
Mengidentifikasi
topik dari teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi
informasi tertentu dari teks fungsional pendek
|
Performans
Tertulis
(PG dan Uraian)
|
1 x 45
1 x 45
1 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
5.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report,
narrative, dan analytical exposition
|
· Reading procedure texts
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Membaca
nyaring bermakna teks narrative/report/ analytical exposition secara individu
·
Mendiskusikan
berbagai aspek dari teks seperti isi, struktur teks, secara berkelompok.
|
·
Mengidentifikasi
makna kata dalam teks yang dibaca.
·
Mengidentifikasi
komplikasi dalam sebuah cerita narasi
·
Mengidentifikasi
kejadian dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri dari benda/orang yang dilaporkan
·
Mengidentifikasi
kasus yang dibahas dalam teks
·
Mengidentifikasi
argument yang diberikan
·
Mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dari teks
·
Mengidentifikasi
tujuan komunikasi teks dibaca
|
Quiz
Tes tertulis
Tugas
|
2 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks
esei berbentuk report, narrative, dan
analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
6.1 Mengungkap-kan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.)
resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
· Writing short instructions
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Membuat
draft teks naratif,berita atau deskripsi dengan melakukan chain
writing.
·
Melakukan
koreksi
|
·
Menggunakan
tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
·
Menulis
gagasan utama
·
Mengelaborasi
gagasan utama
·
Membuat
draft, merevisi, menyunting
·
Menghasilkan
banner, poster, atau pamphlet
|
Tugas
Portofolio
|
1 x 45
1 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
6.2 Mengungkap-kan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
|
· Writing procedure texts
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Membaca
nyaring bermakna teks explanation secara individu
·
Mendiskusikan
berbagai aspek dari teks seperti isi, struktur teks, secara berkelompok.
·
Berlatih
menggunakan kalimat present tense dalam bentuk kalimat komplek yang
menyatakan proses terjadinya sesuatu dan kalimat yang menyatakan kontra.
|
·
Mengidentifikasi
makna kata dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi
makna kalimat dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi
komplikasi dalam sebuah cerita narasi
·
Mengidentifikasi
kejadian dalam teks yang dibaca
·
Mengidentifikasi
proses sebuah peristiwa
·
Mengidentifikasi
argument yang pro dan kontra dalam teks
·
Mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dari teks
|
Tugas
Portofolio
|
1 x 45
1 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
Jakarta,
Agustus 2013
Kepala SMA Islam Al-Azhar 3 Jakarta Guru
Mata Pelajaran
No comments:
Post a Comment