Friday 25 October 2013

Silabus Bahasa Inggris Kelas XI SMA Semester 1

SILABUS  PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                    :  SMA ISLAM AL - AZHAR 3 JAKARTA
Mata Pelajaran                   :  Bahasa Inggris
Kelas / Semester                :  XI / 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Nilai Budaya & Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Penca-paian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks  kehidupan sehari-hari
1.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks  kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
•   Responding to express-ions of making, accepting and declining an invitation

·    Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·   Melakukan studi pustaka untuk mengidentifikasi berbagai ungkapan pendapat/rasa puas dan tidak puas beserta responnya.
·   Mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional melalui tape secara klasikal
·   Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dan responnya dalam percakapan yang didengar secara berkelompok
·   Mengidentifikasi kata yang didengar
·   Mengidentifikasi makna kata
·   Mengidentifikasi hubungan antar pembicara
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur menyampaikan pendapat
·   Merespon tindak tutur menyampaikan pendapat
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur  menyatakan puas
·   Merespon tindak tutur menyatakan puas
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan tidak puas
·   Merespon tindak tutur menyatakan tidak puas
·   Mengidentifikasi konteks situasi
Tertulis

(PG dan
Uraian)

Quiz

Tugas
1 x 45



1 x 45



4 x 45
Developing English Competencies
for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbehasa Inggris
Majalah
Internet

1.2   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks  kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutu: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
•   Responding to expres-sions of making and cancelling an
     Appointment


·    Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·   Melakukan studi pustaka untuk mengidentifikasi berbagai ungkapan menasehati /memperingatkan/melulus kan permintaan dan menyatakan perasaan beserta responnya secara kelompok.
·   Mendengarkan percakapan transaksional /interpersonal melalui tape secara klasikal
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur  menasehati
·   Merespon tindak tutur menasehati
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur memperingatkan
·   Merespon tindak tutur memperingatkan
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur  meluluskan permintaan
·   Merespon tindak tutur meluluskan permintaan
·   Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan perasaan
·   Merespon tindak tutur menyatakan perasaan
Tertulis


(PG dan
Uraian)


Quiz


Tugas

Developing English Competencies
for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbehasa Inggris
Majalah
Internet
2. Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  reports, narrative, dan analytical  exposition dalam konteks  kehidupan sehari-hari
2.1   Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek  resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
·    Responding to instruc-tions
·    Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·   Mendengarkan undangan rapat yang disampaikan secara lisan melalui tape secara klasikal.
·   Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok
·   Mengidentifikasi topik sebuah teks fungsional pendek yang didengar
·   Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek yang didengar
·   Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks fungsional pendek yang didengar.
Tertulis


(PG dan
Uraian)


Quiz


Tugas
2 x45



2 x45
Developing English Competencies
for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbehasa Inggris
Majalah
Internet

2.2   Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
·   Responding to instruc-tions
·    Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·   Mendengarkan sebuah cerita/laporan /exposisi secara klasikal.
·   Mendiskusikan isi teks yang didengar secara berpasangan.
·   Mendiskusikan bentuk bahasa lisan berdasarkan teks yang didengar secara kelompok.
·   Mengidentifikasi main idea dari teks report yang didengar
·   Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar
·   Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar
·   Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dilaporkan
·   Mengidentifikasi kasus yang didengar
·   Mengidentifikasi argumen yang didengar
Tertulis



(PG dan
Uraian)


Tugas
1 x 45



1 x 45



1 x  45



1 x 45
Developing English Competencies
for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbehasa Inggris
Majalah
Internet
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
3.1        Mengungkap-kan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
·    Using expressions of making, accepting and declining an invitation

·    Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
Bermain
peran secara
·   berkelompok
·   Menggunakan tindak tutur menyampaikan pendapat
·   Merespon tindak tutur menyampaikan pendapat
·   Menggunakan tindak tutur meminta pendapat
·   Merespon tindak tutur meminta pendapat
·   Menggunakan tindak tutur menyatakan puas
·   Merespon tindak tutur menyatakan puas
Tugas



Performans
6 x 45
Developing English Competencies
for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbehasa Inggris
Majalah
Internet

3.2        Mengungkap-kan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
·                                                                     Using expressions of making and cancelling an appointment

·    Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·   Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dan responnya dalam percakapan yang didengar secara berkelompok
·   Menggunakan tindak tutur menasehati
·   Merespon tindak tutur menasehati
·   Menggunakan tindak tutur memperingatkan
·   Merespon tindak tutur memperingatkan
·   Menggunakan tindak tutur meluluskan permintaan
·   Merespon tindak tutur meluluskan permintaan
·   Menggunakan tindak tutur menyatakan perasaan.
·   Merespon tindak tutur menyatakan perasaan
Tugas



Performans
4 x 45



4 x 45
Developing English Competencies
for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbehasa Inggris
Majalah
Internet
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.1        Mengungkap-kan makna dalam teks lisan fungsional pendek  resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
·    Performing a monologue of a procedure text
·    Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·   Menyampaikan undangan lisan secara individu di depan kelas
·   Menggunakan bahasa lisan dalam menyampaikan teks fungsional pendek
Performans
2 x 45
Developing English Competencies
for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbehasa Inggris
Majalah
Internet

4.2        Mengungkap-kan makna dalam teks monolog dengan  menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
·   Performing a monologue of a procedure text
·    Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·   Melakukan case building berdasarkan kelompok pro dan kontra.
·   Melakukan debat secara berkelompok dengan tema permasalahan daerah setempat.
·   Menggunakan kalimat simple present dalam menyampaikan report
·   Melakukan  monolog berbentuk narrative
·   Melakukan monolog berbentuk analytical exposition
·   Melakukan debat
Unjuk  kerja
4 x 45



4 x 45
Developing English Competencies
for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbehasa Inggris
Majalah
Internet
Membaca
5. Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
5.1   Merespon makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
·    Identifying the structure of a procedure text

·    Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·   Membaca nyaring bermakna teks berita/deskrip si/naratif secara individu
·   Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi, struktur teks, secara berkelompok.
·   Berlatih menggunakan kalimat simple present untuk menyatakan fakta dan kalimat pasif untuk menyatakan inti berita
·   Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan  intonasi yang benar
·   Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca
·   Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek
Performans



Tertulis



(PG dan Uraian)
1 x 45



1 x 45



1 x 45
Developing English Competencies
for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbehasa Inggris
Majalah
Internet

5.2   Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
·   Reading procedure texts
·    Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·   Membaca nyaring bermakna teks narrative/report/ analytical exposition  secara individu
·   Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi, struktur  teks, secara berkelompok.
·   Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca.
·   Mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narasi
·   Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
·   Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dilaporkan
·   Mengidentifikasi kasus yang dibahas dalam teks
·   Mengidentifikasi argument yang diberikan
·   Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks
·   Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca
Quiz



Tes tertulis



Tugas
2 x 45



2 x 45
Developing English Competencies
for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbehasa Inggris
Majalah
Internet
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk  report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.1        Mengungkap-kan makna dalam bentuk teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
·   Writing short instructions

·    Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·   Membuat draft teks naratif,berita atau deskripsi dengan melakukan chain writing.
·   Melakukan koreksi
·   Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
·   Menulis gagasan utama
·   Mengelaborasi gagasan utama
·   Membuat draft, merevisi, menyunting
·   Menghasilkan banner, poster, atau pamphlet
Tugas



Portofolio
1 x 45



1 x 45
Developing English Competencies
for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbehasa Inggris
Majalah
Internet

6.2        Mengungkap-kan makna dan langkah retorika dalam  esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition 
·   Writing procedure texts
·    Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
·   Membaca nyaring bermakna teks explanation secara individu
·   Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi, struktur teks, secara berkelompok.
·   Berlatih menggunakan kalimat present tense dalam bentuk kalimat komplek yang menyatakan proses terjadinya sesuatu dan kalimat yang menyatakan kontra.
·   Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca
·   Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca
·   Mengidentifikasi komplikasi dalam sebuah cerita narasi
·   Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca
·   Mengidentifikasi proses sebuah peristiwa
·   Mengidentifikasi argument yang pro dan kontra dalam teks
·   Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks

Tugas



Portofolio
1 x 45



1 x 45
Developing English Competencies
for Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD Player
OHP/LCD
Foto/ Poster
Gambar
Koran berbehasa Inggris
Majalah
Internet
                                   Jakarta, Agustus 2013
                   
      Kepala SMA Islam Al-Azhar 3 Jakarta                                                       Guru Mata Pelajaran



              Drs. Amir Hamzah                                                            Moh. Nashruddin Akhyar, S. Pd.

No comments:

PENGAYAAN SOAL US BAHASA INGGRIS TAHUN 2023

  LATIHAN SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA INGGRIS TAHUN 2023   LISTENING SECTION File listening, dapat diakses di tautan berikut: https://drive.go...