Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA ISLAM AL - AZHAR 3 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XI / 1
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Expressions of relief, pain, and pleasure
Pertemuan
Ke :
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
1.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam teks
percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained)
dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Merespon makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained)
secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan,
serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure.
3.1 Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan
berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menasehati,
memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief,
pain, dan pleasure.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
§ Merespon
ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure
§ Mengungkapkan
perasaan relief, pain, dan pleasure
§ Mempraktekkan tindak tutur menyatakan perasaan relief,
pain, dan pleasure
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
·
Merespon ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure
·
Mengungkapkan perasaan relief, pain, dan pleasure
·
Mempraktikkan
tindak tutur menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
E. Materi Pokok
Gambits
dan dialog yang memuat ungkapan menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta
menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure
Expression of relief
|
Expression of pain
|
Expression of pleasure
|
|
v Please, leave me alone.
v I can’t tell my pain in words
v It brought me a lot of miseries
v My heart is so burdened
v I’m so sad to hear this
v I’m feeling bad at this time being
|
Ø It’s wonderful.
Ø How marvelous
Ø I am please with it / that.
Ø It’s my pleasure.
Ø It gives me pleasure.
Ø That’s great.
Ø That terrific.
Ø I am happy with ……
Ø I like it.
Ø I love it.
|
Dialog
1
Andika :
What a terrible journey it is!
Andina :
Is there any problem with your journey my husband?
Andika :
Yes, I took a flight from New York to come here. When I were in the middle of
the journey. My plane struck a turbulence . It shook hard and went down a couple of feet. My head hit
the front chair. Look! It is wounded. I feel headache and all my body is
in pain.
Andina :
Thanks God. You are still alive.
Andika :
Yes, thanks for the heaven. Fortunately, the pilots are the experienced
ones. They can handle the problems.
Andina :
Ok. Go to the bed and take a rest first.
Dialog
2
Karen : Hi, … Sally. What’s wrong with you. You
look so sad.
Sally : Please, leave me alone.
Karen : What’s the problem? Tell me.
Sally : I can’t tell my pain in words.
Karen : Oh, I guess. It must be about Josh . Am
I right?
Dialog 3
Dea :
“Ouch!”
Sally :
“What’s up, Dea?”
Dea :
“I have a headache.”
Sally :
“Poor you. I think you should take an aspirin.”
Dea :
“Yes, you are right. But I don’t have an aspirin. Can you buy me in the
drugstore?”
Sally :
“All right. Wait a minute.”
Dea :
“Thanks Sally.”
Sally :
“You are welcome.”
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Total
Physical Response
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Membahas
kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan
mandiri.
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
·
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai
yang ditanamkan: santun, peduli)
·
Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin,
rajin)
·
Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari
dengan karakter
·
Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar,
menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
·
Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku
teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian
materi ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§ Mendiskusikan materi bersama siswa
(Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai ungkapan-ungkapan
relief, pain, dan pleasure.
§ Memberikan kesempatan pada peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai ungkapan-ungkapan
relief, pain, dan pleasure.
§ Siswa diminta membahas contoh
soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai ungkapan-ungkapan
relief, pain, dan pleasure.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat kalimat ungkapan-ungkapan
relief, pain, dan pleasure.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk
dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa
dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat
menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil
pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi mengenai ungkapan-ungkapan
relief, pain, dan pleasure.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari
materi mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi mengenai ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
1. Buku teks yang relevan : English Texts
in Use jilid XI, English For Better Life XI
2. Transkrip percakapan atau rekaman
percakapan/ kaset
3. Gambar yang relevan
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon
dan menggunakan ungkapan-ungkapan relief, pain, dan pleasure dengan
tepat
Mempraktikkan tindak tutur menyatakan perasaan relief,
pain, dan pleasure
|
Tes
Tertulis
Tes Lisan
|
Melengkapi
dialog
Membuat
dialog
|
Complete
the dialogue below using the suitable expression!
Give your
responses orally based on the situations below!
|
II.
Instrumen Penilaian
1. Complete the dialogues below using
the suitable expressions!
1. Desi : “…………. My foot is hurt.”
Nino : “What’s going on?”
Desi : “You step on my foot.”
2. Ima : “Indra, I have a
good news for you.”
Indra : “What is it?”
Ima : “The english test is cancelled”.
Indra : “……….
I am not ready for the test today.”
3. Jay : “Pedrosa won the
Motogp race last night.”
Deo : “…..”
2. Make a dialogue using the expression of
relief, pain, and pleasure with your partner. Perform your dialogue in front of
the class!
III.
Pedoman Penilaian
Kriteria
|
Jika respon benar, ucapan benar,
intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar,
intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar,
intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
|
Jika respon kurang tepat, ucapan
salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
|
Nilai
|
100
|
90
|
80
|
70
|
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA ISLAM AL - AZHAR 3 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XI / 1
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Expressions of relief, pain, and pleasure
Pertemuan
Ke :
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
1.
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog
berbentuk reports, narrative,
dan analytical exposition dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
4. Mengungkapkan makna dalam teks
fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan
analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
2.2. Merespon
makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative.
4.2. Mengungkapkan
makna dalam teks monolog dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Merespon
wacana monolog berbentuk narrative
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada
akhir pembelajaran siswa dapat :
1. Merespon wacana monolog berbentuk narrative
2. Melakukan monolog berbentuk narrative
E. Materi Pokok
1. Teks monolog berbentuk narrative
|
2. Kosa kata
terkait tema/Jenis teks.
Misalnya : legend, long time ago, once upon a time
3. Tenses
Misalnya : past
tenses. Dayang Sumbi was exiled
in the jungle, because she was unmarried …
4. Direct and indirect speeches.
Misalnya :
Ø When he told that it was Si
Tumang's heart, she was very angry and hit Sang Kuriang 's head with a spoon
Ø "Will you marry me?"
one day he asked her.
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
2 cycles 4 stages ( Building Knowledge of Field,
Modeling of Text, Joint Construction of Text, Independent Construction of Text)
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Membahas
kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan
mandiri.
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Buiding Knowledge of Field
Ø Greetings
Ø Calling the roll
Ø Pre test
Ø Berinteraksi dengan siswa untuk membekali kosa kata
terkait dengan narrative
Ø Berinteraksi dengan
siswa untuk menemukan makna kata
2. Modeling of Text
Ø
Mendengarkan teks monolog lisan narrative
Ø
Merespon isi teks dengan menjawab pertanyaan dan
melafalkan beberapa kosakata.
Ø
Menjawab pertanyaan mengenai teks monolog lisan
narratives
Ø
Mengidentifikasi
urutan kejadian dalam teks
Ø
Menemukan
struktur teks/langkah retorika dalam teks
Ø
Mengidentifikasi
ciri-ciri kebahasaan dalam teks dan mengerjakan latihan-latihan terkait
Ø
Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar
Pertemuan 2
1. Joint Construction of Text
Ø Dalam kelompok, siswa diminta mencari
kata-kata kunci dari cerita yang akan disampaikan kelompok tersebut.
Key words : once upon a time, a prince, a princess, a witch etc.
Ø Dalam kelompok siswa diminta untuk
mendiskusikan plot atau alur cerita sebuah kisah yang akan disampaikan .
Ø Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusi dikelompoknya,
2. Independent Construction of Text
Ø Menulis draft teks sederhana
berbentuk narrative secara
mandiri
Ø Melakukan revisi atas draft tersebut
Ø Mempresentasikan secara lisan teks
tersebut di depan kelas
H. Sumber/Bahan/Alat
1. Buku teks : English texts in Use
XI, Aneka Ilmu, 2006
2. Script monolog berbentuk narratives
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon
wacana monolog narrative
Melakukan
monolog berbentuk narrative
|
Tes Tulis
Unjuk Kerja
|
Essay
berstruktur
Presentasi
Lisan
|
Listen to
the monolog and fill in the blank with the correct answer
Choose one
of the following stories, then tell it in front of the class.
|
II.
Instrumen Penilaian
1.
Fill the blanks with the words you
heard.
The Legend of Lake Toba
There was a fisherman
who (1) ____________ in Batak Land. His name was Batara Guru Sahala. When he
was angling, he (2) __________ a fish. He was surprised to find that fish
because the fish could talk and it (3) ___________ to set it free. He did
accordingly.
After
getting free, the fish (4) __________ into a beautiful woman and Sahala fell in
love with her. Sahala asked her to marry him and the woman received him. However, she asked his promised not to tell
anyone the (5) ___________ that she was once a fish. They were very happily
married, and got two daughters.
It was a pity on Sahala. One day
when he got very angry with his daughters, he (6) ________ his promise and he
(7) ________ it. He told his daughters that they were the daughters of a fish.
His wife could not (8) ____________
him. Suddenly, the earth began to shake and volcanoes started to erupt. The
earth (9) _____________and formed a big hole. People said that the hole (10)
______Lake Toba.
Answer key
1.
lived
2.
caught
3.
begged
4.
changed
5.
secret
6.
forgot
7.
broke
8.
forgive
9.
cracked
10. became
2.
Choose one of the following stories, then tell in front of the class!
1.
Cinderella
2.
The
Beauty and the Beast
3.
Snow
White
III.
Pedoman Penilaian
a. Untuk nomor 1, tiap jawaban benar diberi skor 5
b. Untuk nomor 2, mengikuti rubrik penilaian berikut ini:
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa benar
Isi,langkah
retorika dan tata bahasa kurang tepat
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa tidak tepat
|
41 – 50
21 - 40
0 - 20
|
Jumlah skor maksimal 1. 10 X 5 = 50
2.
Jika skor maksimal diraih =
50
Jumlah = 100
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA ISLAM AL - AZHAR 3 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XI / 1
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Narrative Text “The Black Cat”
Pertemuan
Ke :
A. Standar Kompetensi
Membaca
1.
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog
berbentuk reports, narrative,
dan analytical exposition dalam
konteks kehidupan sehari-hari.
Menulis
2.
Mengungkapkan makna
dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana report, narrative
dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
5.2. Mengungkapkan
makna dalam teks monolog dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative.
6.2. Mengungkapkan makna dan langkah
retorika dalam esei dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Ø
Mengidentifikasi makna dalam teks tulis narrative
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Ø
Mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dalam wacana: narrative
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
Ø
Mengidentifikasi makna dalam teks tulis narrative
Ø
Mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dalam wacana:
E. Materi Pokok
Teks tertulis berbentuk narrative:
The Black
Cat
I don’t expect you to
believe the story I am about to write. But in order to die peacefully, I must
tell my story.
My wife and I loved pets. One of my
wife’s favorite pets was Pluto, the cat. Pluto was a very clever black cat.
One day I came home very drunk. I was in
a very bad temper. For some reasons, Pluto made me angry. In a rage I seized
the cat, took a small knife out of my pocket and cut its throat and took one of
its eyes out ! Then I hanged the poor creature until it was dead
The next morning, I wake up and remembered
what I had done and I felt sorry very much. I buried my memory in the drink.
One night my house was burning. There was
nothing left, but a strange thing happened. I found out in my bedroom wall the
shape of a huge cat with one eye and a rope around its neck. I was terrified
and could not forget such a horrible sight.
I regretted and felt sorry for Pluto so I
bought another cat to take Pluto’s place. This cat had a white patch on its
chest.
I soon began to dislike the cat because
it often stared at me with a strange and hatred look. It terrified me very
much.
One day my wife and I went to the cellar.
I was getting drunk at that time. The cat followed us. It got between my feet
and nearly made me trip down the stairs. I was carrying an axe in my hand. I
was so angry that I raised my axe wanting to kill the poor animal when my wife
prevented me from doing so. My rage soon directed the axe at her. She fell dead
at my feet.
Then I dug a grave to
hide her body inside the cellar wall. I looked for the cat because I decided to
kill it too, but I couldn’t find it anywhere.
The fourth day after the
death of my wife, the police came to my house because of my neighbours’
suspicion. The police searched the house and found nothing. I was so glad that
I said, “ Gentlemen, this is a well-built house. Look at this wall.” I
lifted a stick and beat the wall in
which I had buried my wife.
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
2 cycles 4 stages
( Building Knowledge of Field, Modeling of Text, Joint Construction of Text,
Independent Construction of Text)
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Membahas
kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan
mandiri.
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Buiding Knowledge of Field
Ø Greetings
Ø Calling the roll
Ø Pre test
Ø Tanya jawab mengenai film-film horror
yang ada di buku teks
Ø Siswa menulis kata-kata yang
berhubungan dengan film horror dan menterjemahkannya ke dalam B.Inggris
2. Modeling of Text
Ø
Mendengarkan teks monolog lisan narrative
Ø
Siswa
membaca teks tulis narrative: The Black Cat
Ø
Sisa
menjawab pertanyaan tentang teks narrative tersebut dan membahasnya.
Ø
Mengidentifikasi
urutan kejadian dalam teks
Ø
Menemukan
struktur teks/langkah retorika dalam teks
Ø
Mengidentifikasi
ciri-ciri kebahasaan dalam teks dan mengerjakan latihan-latihan terkait
Ø
Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar
Pertemuan 2
1. Joint Construction of Text
Ø Dalam kelompok, siswa membuat teks
narasi yang berhubungan dengan legenda terjadinya suatu tempat.
Ø Siswa diminta mencari kata-kata kunci
dari cerita yang akan disampaikan kelompok tersebut.
Key words : once upon a time, a prince, a princess, a witch, etc.
Ø Dalam kelompok siswa diminta untuk
mendiskusikan plot atau alur cerita kisah legenda yang akan disampaikan .
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi dikelompoknya
2. Independent Construction of Text
Ø Siswa menulis sebuah teks narasi yang
berhubungan dengan mitos (myth)
Ø Siswa menulis draft teks terlebih
dahulu
Ø Siswa melakukan revisi atas draft tersebut
Ø
Siswa
mengembangkan draft teks yang telah dibuat agar menjadi sebuah teks narasi yang
utuh
H. Sumber/Bahan/Alat
1. Buku teks : English texts in Use
XI, Aneka Ilmu, 2006
2. Script monolog berbentuk narratives
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Memahami teks narrative
Membuat teks sederhana berbentuk narrative
|
Tes Tulis
Unjuk Kerja
|
Essay
berstruktur
Menulis
|
Read the
text carefully and answer the following questions
Choose one
of the following topics, then compose a narrative text based on the topic
|
II.
Instrumen Penilaian
1.
Read the text below and answer the following questions!
The Legend of Kesodo Feast
Hundreds years ago, the
last king of Majapahit had a young princess from one of his wives. The princess
was named Roro Anteng. Later, Roro Anteng married Joko Seger, who came from
Brahman caste.
Because of unfortunate
situation the couple was forced to leave the kingdom. They settled in the
mountain area. They ruled the area and named it Tengger, which was derived from
their names, Roro Anteng and Joko Seger.
After several years of
reign, the region flourished in prosperity, but Roro Anteng and Joko Seger were
sad because they did not have a child. They climbed the top of mountain and
prayed there night and day hoping that the God would listen. The prayer was
heard and Betoro Bromo promised them many children. However, they had to
promise that they would sacrifice their youngest child in return.
Roro Anteng gave birth to
a child, then another and another. In the end, Roro Anteng and Joko Seger had
25 children. Soon it was time to sacrifice the youngest child, Kusuma, but the
parents could not do it. They tried to hide him, but an eruption happened and
Kusuma fell into the crater. There was silence before they heard a voice. “I
have to be sacrificed so that you will all stay alive. From now on, you should
arrange an annual offering ceremony on the 14th of Kesodo (the
twelfth month of Tengerese calendar)”. It was Kusuma’s voice. Kusuma’s brothers
and sisters held the offering ceremony every year. Instead of human being, they
collected fruits, vegetables, rice, and meat to be offered to the Gods. And
this has been done generation after generation until today.
Questions:
1. What is the title of the story above?
Answer: …………………………………………
2. How many characters in the story
above? Mention them!
Answer: …………………………………………
3. Who was Roro Anteng?
Answer: …………………………………………
4. How could Roro Anteng and Joko Seger
name the place where they lived Tengger?
Answer: …………………………………………
5. Why were Roro Anteng and Joko Seger
sad?
Answer: …………………………………………
6. What was the requirement for Roro
Anteng and Joko Seger to have a child?
Answer: …………………………………………
7. How many children did Roro Anteng and
Joko Seger have?
Answer: …………………………………………
8. What happened to Kusuma?
Answer: …………………………………………
9. When do the Tenggerese hold the annual
offering ceremony?
Answer: …………………………………………
10. What do the Tenggerese offer to the
Gods instead of human being?
Answer: …………………………………………
2. Choose one of the following stories, then
write a narrative text using the topic!
Ø Nyi Roro
Kidul
Ø Roro
Jonggrang
Ø Situ
Bagendit
Ø Kuntilanak
III.
Pedoman Penilaian
a. Untuk nomor 1, tiap jawaban benar diberi skor 5
b. Untuk nomor 2, mengikuti rubrik penilaian berikut ini:
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa benar
Isi,langkah
retorika dan tata bahasa kurang tepat
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa tidak tepat
|
41 – 50
21 - 40
0 - 20
|
Jumlah skor maksimal 1. 10 X 5 = 50
2.
Jika skor maksimal diraih =
50
Jumlah = 100
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA ISLAM AL - AZHAR 3 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XI / 1
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Teks Percakapan Transaksional dan
Interpersonal
Pertemuan
Ke :
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
1.
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
3.
Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional
dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan
sehari-hari
B. Kompetensi Dasar
1.1
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi)
resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima
yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak
tutur: menasehati dan memberi saran.
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan berlanjut
(sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur: menasehati dan memberi saran.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
q Merespon
tindak tutur menasehati dan memberi saran
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
q Mengungkapkan
tindak tutur menasehati dan memberi saran
|
|
q Mempraktekkan tindak tutur menasehati dan memberi saran
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat:
·
Menggunakan
dan merespon tindak tutur menasehati dan
memberi saran
·
Mengidentifikasi
kata yang didengar
·
Mengidentifikasi
hubungan antar pembicara
·
Mengidentifikasi
makna tindak tutur menasehati
·
Merespon
tindak tutur menasehati
·
Mengidentifikasi
konteks situasi
E. Materi Pokok
Gambits dan dialog yang memuat
ungkapan menasehati dan memberi saran
Asking for advice
·
Do you think I ought to call the police?
·
What do you think I should buy him for his birthday?
·
Do you have any ideas about how I can sell my car?
·
If you were me, what would you tell her?
·
Do you have any advice for me?
Offering
advice
·
I think you'd better start looking for a new job.
·
If I were you, I'd stop writing her.
·
It would probably be a good idea to send this mail by
express mail.
·
I advice you to talk with your lawyer.
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
2 cycles 4 stages
( Building Knowledge of Field, Modeling of Text, Joint Construction of Text,
Independent Construction of Text)
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Membahas
kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan
mandiri.
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
1
1. Buiding Knowledge of Field
Ø Greetings
Ø Tanya jawab seputar kondisi umum siswa.
Ø Mengidentifikasi kosa kata baru dari teks
Ø Mendengarkan contoh dialog yang dibaca
guru
Ø Menentukan makna dan fungsi kalimat
yang didengar
Ø Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
Activity
1
Listen to your teacher.
What do you think the expressions are
used for?
You look bored.
Why don't you go out
and get
some fresh air?
It sounds like
a good suggestion
|
2. Modeling of Text
Ø
Mendengarkan percakapan tentang menasehati dan memberi
saran dari kaset /guru
Ø
Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan dialog
Ø
Merespon ungkapan –ungkapan menyampaikan menasehati dan
memberi saran
Ø
Menggunakan tindak tutur yang dipelajari.
Activity 2
Study and practice the following ialogue with a partner.
Then, answer the questions.
Ben : You
look a bit worried Claire. What’s the matter?
Claire : I
can’t wake up early in the mornings.
Ben : Oh
dear! That is a problem. But don’t you have an alarm clock?
Claire : Yes,
of course. But I never seem to hear that.
Ben : Well,
why don’t you buy an electric one? They go on ringing until you switch them
off.
Claire :
Mmm, I doubt if that would do any
good. I'd just switch it off and go back to sleep.
Ben : Well, perhaps you
could ask the telephone operator to give you an early morning call, it's not that expensive.
Claire :
Yes, that sounds a good idea. Thanks a
lot.
Ben :
Not at all. I hope it works.
Questions
1. Who are in the
dialogue above?
2.
What are they talking about?
3. What problem does
Claire have?
4. What is Ben's
suggestion giving to Claire?
Activity 3
Fill
in the following dialogue with the expression in the box.
|
|
a. May be you can take here there
|
|
b. Why don't you take her to the movie?
|
|
c. You'd better
go to the ticket box to get the tickets before they're sold out.
|
|
d. 1 don't know what to do.
|
|
e. 1
thought Dita might like to go to concert.
|
Ivan is planning to make a surprise party for her
sister, Dita. But he doesn't know what to do, so he asks his mother about it.
Ivan : Mom, I have a plan for Dita's birthday
party.
Mother : Really? What is it?
Ivan : I'd
like to give her a surprise party, but... (1) Would you give me any suggestion?
Mother : ... (2). Instead of
having a surprise party?
Ivan : Hmm, actually .... (3)
Mother : Well, let's see the entertainment schedule then. There will be
"Dewa" concert on
the Town Hall tomorrow.... (4)
Ivan : That sounds interesting.
Mother : .... (4)
Ivan : Thank's, mom!
Pertemuan 2
1. Joint Construction of Text
Ø Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
Ø Menyimpulkan materi pembelajaran
Ø
Membuat
dialog yang menggunakan tindak tutur menasehati dan memberi saran dengan cara
menjodohkan.
Activity 4
Match up the
problems from A with an appropriate piece of advice from B
A.
My car's been stolen!
I forgot to go to the meeting this
morning.
I've left my purse at home.
I've run out of cigarettes.
The last train goes in five minutes.
I'm in love with Jan.
I'm beginning to put on weight.
B.
I think you ought
to go and buy some more.
If I were you I'd ring up and apologize.
I'd advice you to go on a diet.
I think you'd better hurry up, then.
I suggest you report it to the police immediately.
Why don't you ask her out, then?
I think you should go back and get it.
2. Independent Construction of Text
Ø Siswa menulis sebuah teks narasi yang
berhubungan dengan mitos (myth)
1.
Membuat dialog dengan menggunakan ekspresi yang telah
dipelajari secara mandiri (tanpa bantuan guru).
2.
Menugaskan siswa
menggunakan ungkapan – ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang
sesungguhnya.
Activity
5
RADIO
PHONE-IN
Work in groups of up to six
One person is the expert on the radio who answers all
problems.
The other people are members of the public who phone in
for advice:
A person who has run up a huge gambling debt.
A hard working person who feels life is not exciting enough.
A parent whose
family live in a small flat and are thinking of getting a Great Dane
A student who is feeling worried about his/her examinations.
A school leaver who is having difficulty finding a job.
H. Sumber/Bahan/Alat
1. Buku teks : English texts in Use
XI, Aneka Ilmu, 2006
2. Script monolog berbentuk narratives
3. LKS
4. Gambar yang relevan
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
3.
|
Merespon tindak tutur menasehati
dan memberi saran
Mengungkapkan tindak tutur
menasehati dan memberi saran
Mempraktekkan tindak tutur menasehati dan memberi saran
|
Tes Tulis
Tes Lisan
Unjuk Kerja
|
Essay berstruktur
Membuat
dialog
Presentasi
Lisan
|
Read the
text carefully and answer the following questions
Study and
practice the following ialogue with a partner. Then, answer the questions.
Choose one
of the following stories, then tell it in front of the class.
|
II.
Instrumen Penilaian
Task
1
Read the dialogue and practice with your friends!
Andrea :
Hey Mom, I’m thinking of going to
Ujung Kulon National Park next December. What do you think?
Mother :
Ujung Kulon National Park? It’s
interesting. We can see rhinoceros, reptiles, and many kinds of birds… but it
sound dangerous. You shouldn’t go by yourself. You ought to go with a
friend.
Andrea :
Yes, I’ve thought of that.
Mother :
And you’d better talk to your
father first.
Andrea :
I did already. He thinks it’s good idea. He wants to come
with me.
Mother :
well, but you must be
careful. Don’t forget to bring
your raincoat. It’s rainy season.
Andrea :
don’t worry, Mom. I’ll prepare
everything.
Mother : OK, you may go.
Task
2
Answer
the questions according to the dialogue above!
1. What is the dialogue talking about?
2. What is the relationship between the
speaker?
3. Where will Andrea go next December?
4. What does her mother think about it?
5. Does her mother feel worry about it?
6. What advice does she give to Andrea?
7. How does she warn about the rainy
season?
8. Does she give her permission?
9. How does she express it?
10. Mention the other expressions to give
advice and warn!
Task 3
What will you say to give advice to the following
situations!
1. Your friend can’t wake up early.
Answer:
…………………………………………………………………
2. Your friend always forgetting the
thing he should do.
Answer:
…………………………………………………………………
3. Your friend will go camping in rainy
season.
Answer:
…………………………………………………………………
4.
Your
brother is driving on crowded road.
Answer: …………………………………………………………………
III.
Pedoman Penilaian
Task 1
Kriteria
|
Jika respon benar, ucapan benar,
intonasi benar, dan pengucapan lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar,
intonasi benar, dan pengucapan tidak lancar.
|
Jika respon benar, ucapan benar,
intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
|
Jika respon kurang tepat, ucapan
salah, intonasi salah, dan pengucapan tidak lancar.
|
Nilai
|
100
|
90
|
80
|
70
|
Task 2
Setiap nomor score max 10
Jumlah score max : 100
Task 3
Setiap nomor score max 20
Jumlah score max : 100
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA ISLAM AL - AZHAR 3 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XI / 1
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Teks Fungsional Pendek
Pertemuan Ke :
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
2. Memahami
makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk reports, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
4. Mengungkapkan makna dalam teks
fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical
exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari
B. Kompetensi Dasar
2.1.
Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional
pendek resmi dan tak resmi secara
akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4.1 Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional pendek
resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai
konteks kehidupan sehari-hari.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan,
peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat:
1.
Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek
berbentuk poster
2. Mengidentifikasi
informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berbentuk poster.
3. Menyampaikan
isi dari sebuah teks fungsional pendek berbentuk poster secara lisan.
E. Materi Pokok
a.
Teks fungsional pendek poster
b. Kosakata yang terkait dengan tema / jenis
teks, misal : wanted, litter, healthy
c.
Verbs:
come, do, go,etc.
d. Auxiliary verbs: is, am , are, could,
would, will, may
e. To do: do, does, did
f.
Personal
pronoun : I, You, They, He, She, It, We
g. Tenses: simple present tense,
imperative,
Note:
A poster
is any large piece of printed paper designed to be attached to a wall or
vertical surface. Typically posters include both textual and graphic elements,
although a poster may be either wholly graphical or wholly textual. Posters are
designed to be both eye-catching and convey information. Posters may be used
for many purposes, and they are a frequent tool of advertisers (particularly of
events, musicians and films) to communicate a message.
Poster
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§ Mengucapkan salam dengan ramah kepada
siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§ Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
§ Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
§ Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan
bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang
terkait dengan SK/KD
§ Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan
yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian
materi teks fungsional pendek.
§ Mendiskusikan materi bersama siswa
(Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks fungsional
pendek.
§ Memberikan kesempatan pada peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai teks
fungsional pendek.
§ Siswa diminta membahas contoh
soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks fungsional
pendek.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat kalimat teks
fungsional pendek.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk
dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa
dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat
menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil
pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi teks fungsional
pendek.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari
materi mengenai teks fungsional pendek
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi teks fungsional pendek.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang relevan : English Texts
in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan atau rekaman
percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog berbentuk banner,
poster atau pamplet
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon isi teks fungsional pendek dengan benar
Membaca nyaring
teks fungsional pendek secara berterima
|
Tes
Tertulis
Unjuk Kerja
|
Essay
Presentasi
Lisan
|
Listen to
the teks and write your best answer
Read the
text loudly and correctly.
|
II.
Instrumen Penilaian
Task
1
Listen to the teachers and anwer the
questions
|
3. What problems are there in the poster?
4. Why do we have to protect our ocean?
5. Where can you get more inormation?
Task 2
Look at the pictures!
Task 3
Answer the questions below!
1. What pictures are they?
Answer:....................................................................................................................................
2. Where can you find the pictures?
Answer:....................................................................................................................................
3. Do you think that the pictures are funny?
Answer:....................................................................................................................................
4. Can the content of these pictures motivate
you?
Answer:....................................................................................................................................
5. What for do people usually put on this
picture?
Answer:....................................................................................................................................
6. Do you have the picture which is like them?
Answer:....................................................................................................................................
7. Where do you usually put on it?
Answer:
Task
4
Arrange
a dialogue according to the poster, (choose one of them).
III.
Pedoman Penilaian
a.
Untuk nomor 1, tiap jawaban benar
diberi skor 5
b.
Untuk nomor 2,3,4 mengikuti rubrik
penilaian berikut ini:
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa benar
Isi,langkah
retorika dan tata bahasa kurang tepat
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa tidak tepat
|
41 – 50
21 - 40
0 - 20
|
Jumlah skor maksimal 1. 10 X 5 = 50
2.
Jika skor maksimal diraih =
50
Jumlah = 100
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA ISLAM AL - AZHAR 3 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XI / 1
Alokasi Waktu :
8 x 45 menit ( 4x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Monolog (Report)
Pertemuan Ke :
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
2. Memahami
makna teks fungsional pendek dan monolog
berbentuk reports, narrative, dan
analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
4. Mengungkapkan makna dalam teks
fungsional pendek dan monolog yang
berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks
kehidupan sehari-hari
B. Kompetensi Dasar
2.2.
Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional
pendek resmi dan tak resmi secara
akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4.1 Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional pendek
resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai
konteks kehidupan sehari-hari.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
:
1. Merespon wacana
monolog berbentuk report
2. Melakukan monolog
berbentuk report
E. Materi Pokok
a.
Teks monolog berbentuk report
b.
Kosa kata terkait
tema/Jenis teks.
Misalnya : Live, structures scatter
c. Tenses
Misalnya : Present tense. They have large heavy bodies
d. The use of relating verbs
Misalnya : -
their skins are
very thick.
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Membahas
kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan
mandiri.
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§ Mengucapkan salam dengan ramah kepada
siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§ Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
§ Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
§ Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan
bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang
terkait dengan SK/KD
§ Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan
yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian
materi monolog berbentuk report.
§ Mendiskusikan materi bersama siswa
(Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai monolog berbentuk
report.
§ Memberikan kesempatan pada peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai monolog
berbentuk report.
§ Siswa diminta membahas contoh
soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai monolog berbentuk
report.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat kalimat monolog
berbentuk report.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk
dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa
dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat
menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan
yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi monolog berbentuk
report.
3
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari
materi mengenai monolog berbentuk report.
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi monolog berbentuk report.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang relevan : English Texts
in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan atau rekaman
percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog berbentuk banner,
poster atau pamplet
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon wacana monolog report
Melakukan monolog berbentuk report
|
Tes Tulis
Unjuk Kerja
|
Pilihan
Ganda
Presentasi
Lisan
|
Listen to
the monolog and choose the best answer
Describe
the general facts of the following animal.
|
II.
Instrumen Penilaian
Task 1
Listen to the monolog and choose the
best answer
Listening
text for number 1 to 5
1. What is the text about?
a. Shark d. Whale
b. Dholphin e. Pirranha
c. Fish
2. What does the text intend to?
a. to describe d. to persuade
b. to entertain e. to review
c. to amuse
3. What is the largest creature lived on
earth ?
It is .... .
a.
an elephant c. blue whale e.
giraffe
b.
a rhinoceroses d. shark
4. What is blubber ?
Blubber is .... .
a.
the hole on the head d.
the fins of the fish
b.
the paddle of the tails e.
the layer of fats
c.
the skin of the fish
5. Where is the nostril to spray the sea
water ?
a.
in the fin d. on top of broad head
b.
in the tail e. in the skin
c.
in the paddle
Listening text
for number 6 and 10
6.
The second paragraph tells us about the .....of black bears.
b.
size d. definition
c.
height e. description
d.
length
7.
Which one of the following statement is true?
a.
In
the western most of these bears have shiny black fur
b.
in
the east they grow brown, red or even yellow coats
c.
Black
bears are the biggest of all American bears
d.
Their
eyes and ears are big
e.
their
eyesight and hearing are not as good as their sense of smell
8. In the condition of being scared, black bears
can make their enemy feel .... and lose confidence.
a.
wild d. dangerous
b.
crazy e. intimidated
c.
rude
9. What is the aim of the text?
a. to describe d. to persuade
b. to entertain e. to review
c. to amuse
10. Are all American Black Bears
black?
a. Yes, They are d. Yes, they do
b. No, they aren’t e. No, they don’t
c. Not clear
Text script.
Text 1
Whales are sea-living mammals.
They therefore breathe air
but cannot survive on land. Some species are very large indeed and the blue
whale, which can exceed 30 m in length, is the large animal to have live on
earth. Superficially, the whale looks rather like a fish, but there are
important differences in its external structure; its tail consists of a pair of
broad, flat horizontal paddles ( the tail of a fish is vertical) and it has a
single nostril on top of its large, broad head. The skin is smooth and shinny
and beneath it lies a layer of fat (blubber). This is up to 30 cm in thickness
and serves to conserve heat and body fluids.
Text 2
American black bears appear in a
variety of colours despite their name. In the eastern part of their range, most
of these bears have shiny black fur, but in the west they grow brown, red or
even yellow coats. To the north, the black bear is actually gray or white in
colour. Even in the same littler, both brown and black furred bears may be
born.
Black
bears are the smallest of all American bears, ranging in length from five to
six feet, weighing from three hundred to five hundred pounds. Their eyes and
ears are small and their eyesight and hearing are not as good as their sense of
smell.
Like all bears, the black bear is
timid, clumsy and rarely dangerous, but if attacked, most can climb trees and
cover ground at great speeds. When angry or frightened, it is a formidable
enemy.
Activity
2
Find
and object about animals, plants, or others. It must be a representative of
their class. Make a report about it.
III.
Pedoman Penilaian
a.
Untuk nomor 1, tiap jawaban benar
diberi skor 5
b.
Untuk nomor 2, mengikuti rubrik
penilaian berikut ini:
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa benar
Isi,langkah
retorika dan tata bahasa kurang tepat
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa tidak tepat
|
81 – 100
61 - 80
0 - 60
|
Jumlah skor maksimal 1. 10 X 5 = 50
2.
Jika skor maksimal diraih =
50
Jumlah = 100
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMA ISLAM AL - AZHAR 3 JAKARTA
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/Semester :
XI / 1
Alokasi Waktu :
8 x 45 menit ( 4x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Esei berbentuk Report
Pertemuan Ke :
A. Standar Kompetensi
Membaca
5. Memahami
makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk
report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk report, narrative, dan analytical
exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
5.2. Merespon makna dan
langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses
ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical
exposition.
6.2. Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei
dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan
analytical exposition.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
:
1. Merespon wacana Esei berbentuk Report.
2. Melakukan Esei berbentuk Report.
E. Materi Pokok
Report
Social Function:
To describe the way things are, with reference to a range
of natural, man-made and social phenomena in our environment
Generic (Schematic) Structure:
1. General
Classification: tells what the phenomenon under discussion is
2. Description : tells what the phenomenon under
discussion is like in terms of
parts (and their function)
qualities
habits/behaviour or ‘uses’ if
non-natural
Significant Lexicogrammatical
Features:
Focus on Generic
Participants (group of things)
Use of simple
present tense
No temporal
sequence
Use of Relational
Processes to state what is and that which it is
Use of linking verbs and behavioural verb
Use of technical term
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Three – phase technique
·
Pre
listening
·
Whilst
listening
·
Post
Listening
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar.
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§
Membahas
kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan
mandiri.
|
§
Dengan
kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§
Bertanya
jawab tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca,
ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§
Membahas
nilai-nilai yang terkandung dalam cerita, sikap dan perilaku para tokoh.
§
Membahas
unsur dan langkah retorika dalam teks naratif.
§
Membahas
ciri-ciri leksikogramatika.
§
Nonton
film.
§
Mendengarkan
cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§
Membacakan
cerita kepada kelompok (monolog).
§
Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§
Siswa
melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar
tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§
Siswa
mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang
sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10’)
§ Mengucapkan salam dengan ramah kepada
siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§ Mengecek kehadiran siswa (nilai yang
ditanamkan: disiplin, rajin)
§ Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
§ Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan
bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait
dengan SK/KD
§ Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan
yang tertera di buku teks
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§ Memberikan stimulus berupa pemberian
materi Esei berbentuk Report.
§ Mendiskusikan materi bersama siswa
(Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Esei berbentuk Report.
§ Memberikan kesempatan pada peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai Esei berbentuk Report.
§ Siswa diminta membahas contoh
soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai Esei berbentuk Report.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§ Membiasakan siswa membuat kalimat Esei berbentuk Report.
§ Memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan
secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§ Memberikan umpan balik pada siswa
dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat
menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi konfirmasi pada hasil
pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§ Memfasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§ Memberikan motivasi kepada siswa yang
kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi Esei berbentuk Report.
Kegiatan Akhir (10’)
§ Siswa diminta membuat rangkuman dari
materi mengenai Esei berbentuk Report.
§ Siswa dan Guru melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR)
berkaitan dengan materi Esei berbentuk Report.
§ Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku teks yang relevan : English Texts
in Use jilid XI, English For Better Life XI
§ Transkrip percakapan atau rekaman
percakapan/ kaset
§ Gambar yang relevan
§ Script monolog berbentuk banner,
poster atau pamplet
I. Penilaian
I.
Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon wacana monolog report
Menulis monolog berbentuk report
|
Tes Tulis
Unjuk Kerja
|
Pilihan Ganda
Presentasi
Lisan
|
Listen to
the monolog and choose the best answer
Describe
the general facts of the following animal.
|
II.
Instrumen Penilaian
Task
1
Choose
the correct answer!
Text
1.
Piranha fish are the fiercest animals in the world.
They live in the fresh water rivers of South America, from Venezuela to
Northern Argentina. These fish hunt in groups, called schools. They usually eat
other fish smaller than themselves. Sometimes Piranhas will attack and eat each
other.
There are about 18 kinds of piranha fish. Only four
kinds attack man. Piranhas have large head and short thick bodies. They are
usually about 20 cm { 9 inches long) but one kind can be as much as 60 cm (two
feet). It lives in the Sao Francisco river from Eastern Brazil. It is one of
the most dangerous fish.
The most noticeable thing about Piranha fish is the
large mouth. The mouth has a lot of triangular teeth with sharp point. The
points pierce the skin of the prey. The razor sharp edges of the teeth chop out
pieces of flesh. The teeth of the upper and lower jaws fit together like
scissors. The muscles moving the jaws are big and very powerful.
On the back of the Piranha fish there is a ridge
called a keel. There is another keel running along it belly. The tail is
slender and muscular. Its tail fins are broad. All these features held the
piranha to swim fast through the water. The piranha fish cat a large South
American rat-like animal, called a Capy-bara, weighing 50 kilos (100 ponds) to
a skeleton in less than 60 seconds.
1. What is the social function of the text
above?
a. To explain.
b. To retell events
c. To persuade the readers
d. To amuse the readers
e. To describe
2. What are schools in the text mean.....
a. Piranha fish are the fiercest animals in the
world
b. Piranhas will attack and eat each other
c. The
piranha fish eat Capybara
d. Piranha fish has a large mouth
e. Piranhas fish hunt in groups
3. These are the characteristics of piranha,
except ....
a. They live in the fresh water rivers.
b. They usually eat other fish smaller than
themselves
c. Piranhas have large head and short thick
bodies.
d. Piranha fish has large mouth with of
triangular teeth with sharp point.
e. The muscles moving the jaws are small and
very weak
4. The razor sharp edges of the teeth chop
out pieces of flesh.
The
synonym of the underlined word is ....
a. give up d. cut
b. throw away e. bend
c. run out
5. Why can piranha swim fast through the water.
a. its tail fins are not broad
b. Piranha fish has a ridge
c. there is another keel running along its
belly
d. they live in the fresh water rivers of South
America
e. the tail is slender and muscular
Text 2.
This text is for questions 6 to 10.
The sense of taste is one of a person’s
five senses. We taste with the help of taste-buds in the tongue.
There are four main kinds of taste:
sweet, sour, salty and bitter. All other tasles are just mixtures of two or
more of these main type.
The surface of the tongue has more
than fifteen thousand taste-buds (or cells). These are connected to the brain
by special nerves which send the so-called “ taste messages.
When the tongue comes into contact
with food of asny kind, the taste-buds will pick up the taste. The nerves then
send a message to the brain. This will make as aware of the taste. All this
happens in just a few seconds.
There are four kinds of tastebuds,
each of which is sensitive to only a particular taste.
These four groups are located in
different parts of the tongue.
The taste-buds for salty and sweet
tastes are found round the tip of the tongue and along its side. Sour taste can
be picked up only at the sides of the tongue. The taste-buds for bitter taste
are found at the inner-most edge of the tongue. There are taste-buds at the
centre of the tongue.
The senses of smell and sight can
affect taste. The good smell of food increases its taste. Similarly, attractive
colours can make food appear taster and more delicious. If food does not smell
good or is dull-coloured, it will look tasty and may not taste good at all.
Very hot or cold sensations can make
the taste-buds insensitive. Food that is too hot or cold, when placed in the
mouth, will have no taste at all.
6. We can taste any kind of food because of....
a. the good smell of food
b. the four main kinds of taste
c. the taste-buds in the tongue
d. the senses of smell and sight
e. the taste-buds round the tip of the tongue
7. When we eat very hot or cold food, ....
a. the food will lose its taste
b. the food won’t smell good
c. the taste of the food increases
d. the taste-buds will be sensitive
e. the taste buds will be very response
8. The sense of smell and sight....
a. increase the taste of the food.
b. affect the taste of the food
c. make food more delicious
d. make the food look good
e. make the food attractive
9. The purpose of the text is ....
a. to explain how we can taste any food in the
mouth.
b. to give a report about the sense of taste
c. to inform how important the tongue is
d. to describe the use of the tongue
e. to tell the taste of the food.
10.
The following sentences are correct, except...
a. There are four main kinds of taste:
sweet, sour, salty and bitter
b. The taste-buds will pick up the taste
c. The taste-buds for bitter taste are
found round the tip of the tongue
d. The senses of smell and sight can
affect taste.
e. Sour taste can be picked up only at
the sides of the tongue
Task 2
Write your own report. Find and object
about animals, plants, or others.
III.
Pedoman Penilaian
1). Untuk
Task 1, soal membaca berbentuk pilihan
ganda : Betul skor 1, salah skor 0
2). Untuk Task 2, soal menulis berbentuk
soal uraian bebas
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
1
|
Ketepatan isi dan tema
|
0 - 20
|
2
|
Struktur kalimat
|
0 - 20
|
3
|
Koherensi antar kalimat
|
0 - 10
|
4
|
Kompleksitas
(Ketepatan penggunaan kata dan
istilah)
|
0 - 20
|
5
|
Tanda baca
|
0 - 15
|
6.
|
Ejean kata
|
0 - 15
|
Skor maksimum
|
100
|
Mengetahui …………….………,
……
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment